Inilah Cara Membangun Kebiasaan Tidur Bayi Yang Benar

Inilah Cara Membangun Kebiasaan Tidur Bayi Yang Benar

Sudah tahukah bunda bahwa bayi juga memiliki kebiasaan atau pola tidur? Dan tahukah bunda bagaimana kebiasaan dan pola tidur bayi? Perlu diketahui oleh bunda dan para orang tua bahwa bayi ternyata juga memiliki kebiasaan dan pola tidur yang harus diperhatikan. Nah, pada artikel kali ini kami akan sedikit membahas mengenai cara membangun kebiasaan tidur bayi yang baik dan benar.

Memahami bagaimana kebiasaan dan pola tidur bayi itu hal yang penting. Pola tidur bayi bukan hanya tentang kapan bayi tertidur, namun juga seberapa lama bayi tidur dan seberapa frekuensi tidurnya. Mengetahui segala sesuatu mengenai kebiasaan tidur bayi merupakan hal yang penting karena dengan tahu pola tidur bayi maka bunda bisa mengidentifikasi apakah si kecil mengalami masalah ketika ia tidur atau tidak.

Sedang cari perlengkapan tidur bayi untuk hadiah sahabat? Kunjungi saja website Mothercare dan dapatkan pilihan bingkisan Mothercare yang tepat untuk hadiah sahabat Anda yang sedang berbahagia menyambut kelahiran bayi.

Jadwal tidur anak biasanya diperoleh dari kebiasaan tidur anak, misalnya saja adalah kebiasaan anak yang tidur dalam waktu yang lama. Dan gangguan yang bisa terjadi dan dilihat dari kebiasaan tidur anak misalnya apakah anak sering terbangun ketika malam hari atau misalnya saja anak tidak bisa tidur pulas atau bisa juga waktu tidur anak yang selalu berubah dan tidak konsisten. Nah, maka dari itu penting bagi bunda ketahuinya dan untuk menyimak ulasan berikut ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam 24 jam, bayi membutuhkan waktu tidur hingga 16 jam. Pada usia 3 bulan, bayi membutuhkan tidur dengan waku 15 jam per hari. Namun 15 jam yang dibutuhkan bayi tidak dilakukan dalam satu waktu melainkan akan dilakukan dalam beberapa waktu baik di siang maupun malam hari. Pada usia 3 bulan juga bayi akan memiliki waktu tidur dengan siklus tidur-bangun di sepanjang hari.

Untuk bayi pasca lahir hingga bulan-bulan pertama menyusui, biasanya bayi akan cenderung tidur 2 jam kemudian bangun dan seperti itu terus. Sedangkan pada malam hari, bayi akan tidur selama 6 jam tanpa terbangun. Namun siklus seperti ini tidak terjadi pada semua anak. Ada juga bayi yang memiliki siklus tidur yang salah yang kemungkinan terjadi karena ada gangguan pada siklus tidurnya.

Semakin besar dan semakin bertambah usia, biasanya bayi akan cenderung lebih terjaga. Ia perlahan-lahan mengurangi waktu tidurnya tidak seperti sebelumnya. Ketika berusia 2 tahun, balita akan membutuhkan tidur selama 12 jam dalam 24 jam. Hal ini disebabkan semakin aktifnya tingkah laku anak dan anak sudah mulai berkembang untuk mempelajari sesuatu diluar kebiasaan tidurnya.

Mengatur waktu tidur bayi memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Biasanya bayi akan mulai tidur sepanjang malam tanpa terbangun pada usia 6 bulan, namun jangan panik dan khawatir jika si kecil belum dapay menerapkan siklus tidur yang baik. Ritme menyusui, suhu tubuh, dan pelepasan hormon mempengaruhi siklus alami biologis bayi. Bayi tertidur ketika tingkat hormon adrenal dan suhu tubuh menurun, dan terjaga ketika hormon tersebut naik kembali.

Itulah ulasan mengenai kebiasaan tidur bayi yang benar. Bunda bisa atur pola tidur bayi dan tambahkan kenyamanan tidur si kecil dengan perlengkapan bayi seperti selimut bayi dan perlengkapan bayi lainnya. Terimakasih